Thursday, August 17, 2006

17 Agustus


MERDEKA! Hari ini Indonesia Tanah Tumpah Darahku merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke 61. Sebulan menjelang hari H setiap saya melewati Istana Negara dalam perjalanan menuju kantor saya perhatikan sudah mulai mempersiapakan acara besar. Mulai dari mengecat ulang Istana sampai memasang atribut lainnya disekitar lingkungan Istana. Seminggu belakangan panggung untuk Aubade pun sudah didirikan.

Talking about Aubade reminds me of a memory back when I was in 2nd grade in junior highschool. Back in 1991 me and the rest of the 2nd grade were assigned to sing for Aubade in Istana Negara. Saat itu untuk pertama kalinya saya merasakan pengalaman baru menyanyi dalam Upacara Kenegaraan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI. Ada fase latihan sejak sebulan sebelumnya dengan beberapa sekolah lain yang ditunjuk. Saat itu sekolah-sekolah yang ditunjuk adalah sekolah-sekolah yang lokasinya berdekatan dengan Istana Negara sehingga Sekolah kami selalu mendapat kesempatan emas tersebut. Lagu-lagu yang dinyanyikan tentu saja yang ada hubungannya dengan Kemerdekaan. Saya ingat sekali waktu itu yang melatih kami sekaligus sebagai Dirijen adalah bapak FX Sutopo. Diiringi dengan ensamble yang tidak rumit dan aransemen yang tidak terlalu berlebihan kami tentu saja menyanyi dengan penuh semangat.

Bangga? Jelas! Pengalaman pertama dan terakhir buat saya kala itu. Pengalaman yang ga semua orang bisa merasakannya. Apalagi setelah itu kami semua mendapat “tentengan” berupa kantong putih bergambarkan Garuda Indonesia yang isinya beberapa souvenir dan sekotak makan siang. Wuih, buat ukuran saat itu rasanya sudah mewah sekali, pikir saya waktu itu jalan jauh dari Lapangan Banteng ke Istana Negara dan latihan nyanyi berkali-kali jadi ga sia-sia.

Just to share an unforgettable memory to celebrate our Independence Day. MERDEKA!


MERDEKA Thursday!
FransLus

No comments: